ABDEE SLANK

ABDEE - SLANK
Nama Lengkap         Abdi Negara Nurdin
Panggilan Akrab      Abdee
Di SLANK Sebagai     Gitaris, Backing vokal, Penulis lagu, Tukang Mixing.
Tempat Kelahiran     Donggala
Tanggal lahir        28 Juni 1968
Agama                Islam
Tinggi Badan         170 cm
Berat Badan          50 kg
Musisi Idola         Keith Richard 'Stones'
Nama Istri           Anita Desy Farida (Nita)
Nama Anak            Alanis Nurulizah (Alanis) Kelahiran  14 Juni 1995
Hobby                Ngejamm bareng Musisi lain
DIHARAPKAN JADI ANGGOTA DPR, MALAH JADI GITARIS

Dilarang main musik malah jadi pemusik, itulah Abdee Negara. Cowok kelahiran Donggala, 28 Juni 1968. Bokapnya, andi Cella Nurdin, mantan anggota DPR. Wajar kalo ia menginginkan Abdee, anak ketujuh dari delapan bersaudara, bisa ngikutin jejaknya. "Mungkin karena ortu gua melihat kakak gua yang juga main musik, sekolahnya gagal." Toh ia ngotot pengen pol-polan. Karena permintaannya untuk dibeliiin gitar nggak pernah dikabulkan, dia sempat berpikir diperlakukan diskriminatif oleh sang bokap. Beruntung hal itu nggak sampe menyurutkan niatnya untuk bermusik. Sejak SMP diam-diam Abdee sudah bergabung dengan teman-temannya yang berusia jauh lebih tua dan rata-rata sudah punya pengalaman.

Abdee pun tambah pede waktu diberi kesempatan nyanyi sekaligus main gitar di pesta ultah adiknya. Dengan dalih sumpek dikampung halaman, Abdee ngerengek untuk nerusin sekolah ke SMU 1 Palu. Padahal ia mengincar fasilitas ngeband disana yang tentu saja lebih komplit ketimbang Donggala. "Gue pingin ngerasain pegang gitar elektrik itu kayak apa." Katanya jujur. Disana, ia memang sempat bikin Interview Band bareng Hengky Supit – mantan vokalis Whizzkid. "Dulu sebenarnya gue ngebet pengen jadi vokalis, tapi kalo pas nyanyi suara gue kedengaran ancur. Ya udah milih gitar aja," dia tertawa geli.

Ketika itu sang nyokap yang sering ngasih duit kalo dia butuh buat beli senar gitar. Untung, sekolahnya nggak berantakan. Abdee bahkan pernah masuk ranking III dan lolos Sipenmaru (sekarang UMPTN). Keinginan main musik yg begitu kuat menyebabkan kuliahnya di Fakultas Ekonomi di Universitas tadukalo, Palu, Cuma dijalaninya sebulan. Tanpa gitar ditangan apalagi punya kenalan, Abdee ngabur ke Jakarta pada 1988. Sejak itu ortunya sadar niat Abdee nggak bisa dibendung dan mereka mulai mendukung.

Sayang, pertemanan Abdee dengan dunia musik telah mengantarnya ke dunia alcohol. Padahal jujur saja dia mengaku Cuma pingin meniru artis kondang. Abis dengan teler dia serasa sudah jadi pemusik beneran. Sampai suatu hari seorang teman menegurnya. "Ngapainmabuk ? Musisi top itu terkenal dulu baru mabuk, Lu terkenal aja belum udah mabuk-mabukan." Kalimat itu sangat membekas dihatinya. "Sekarang kalimat itu yang selalu saya omongkan ke murid-murid saya kalo mereka mabuk," kata instruktur gitar ini.

Sejak ikut Indra Lesmana Workshop,yg ditekuninya selama enam bulan, pergaulannya dengan musisi mulai luas. Adalah ote Abadi, gitaris kelompok Leo Kristi, yang pertama mengajaknya rekaman. "Gue punya gitar sendiri sejak jadi professional (dibayar) di musik. Sebelumnya pinjam sana-sini." Penggemar motorcross dan mincing ini sempat lepas gitar. Keterlibatannya sebagai stage manager dan music director pada rumah produksi milik penyanyi jazz Ermy Kulit, telah membuka matanya. "Ternyata musik itu bukan Cuma main gitar, tapi ada juga segi entertain dan bisnisnya," simpul suami Nita (26) dan bapak dari Andi Alanis (14 bulan). Dengan Ermy Kulit Cuma bertahan sebentar, ia segera menyambar kembali gitarnya. Dan menggelendanglah dari satu pub ke pub yang lain, bantuin banyak pemusik. Nah pergulatan itulah yang mengantarnya pada Slank. Sayang, sang bokap nggak sempat menyaksikan keberhasilannya.

"Sebelum meninggal, dia bilang pengen melihat gue manggung. Tapi keinginannya itu nggak kesampaian," Abdee menerawang masa lalu. Ia pernah salah menafsirkan Slank sebagai grup yang nggak mampu memainkan blues (kecuali Pay). "Ternyata personel Slank itu anak Blues semua." Katanya. Secara musical, Abdee Negara mungkin memberikan kontribusi yang besar terhadap Slank. Tapi kehadirannya diakui telah membuat Slank lebih seger, kalo nggak boleh ditulis manis. (Hai Klip Slank Okt. 98)

#SlankFact Abdee :

    ⁃ Gabung di SLANK Sejak 1997.
    ⁃ Pendiri dan Gitaris AIRS (All Indonesian Rock Star)
    ⁃ Belajar gitar Otodidak.
    ⁃ Belajar teori musik di Indra Lesmana Workshop Farabi tahun 1988.
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Ivanka (Flash Band)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Hengky Supit 'Whizzkids' (Interview Band)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Wawan & Michael Meyer 'Sket' (DOR Band)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Dino dan Yoyo 'Bayou' (Makhatana Band)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Sandy 'PAS BAND', & Iram 'U Camp' (ENEMES Band)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Cendy Luntungan dan Harry Anggoman 'Gong 2000' (KRS)
    ⁃ Sebelum di SLANK, Abdee ngeband bareng Arthur Kaunang dan James F. Sundah (ARJACO).
    ⁃ Produserin 'Serieus' band, The PainKillers, Marshanda
    ⁃ Mendirikan Manajemen Artis 'Maleo Music'.
    ⁃ Tahun 1990 - 1997 jadi Musisi pendukung beberapa Penyanyi Solo seperti Gideon Tengker, Conny Constantia, Ermy Kulit, Michael "Sket" Meyer, Eki Lamoh, Sherina Munaf, Shaheila O, dll.
    ⁃ Pernah jadi Stage manager & music director di rumah produksi punyaErmy Kulit.
    ⁃ Merilis merek gitar Hardee HD-1 Eyes (Abdee Signature Series)
    ⁃ Bikin efek gitar hasil karya dan kreasinya sendiri yang dikasih nama 'The Eyes'.
    ⁃ Bikin website musik importmusik.com dan kabartop.com bareng Dewa Budjana dan Audy.
    ⁃ Lagu 'Full Moon Blues' awalnya instrumen gitar buatan Abdee, akhirnya dibuatin lirik sama Bimbim, n' Kaka.
    ⁃ Abdee adalah Personil Slank yang paling melek Teknologi.
    ⁃ Pertama kali ngemixing & Mastering  album ke - 10 Slank 'Virus'.

1 Response to "ABDEE SLANK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel