IVANKA SLANK

IVAN - SLANK
Nama Lengkap         Ivan Kurniawan Arifin
Panggilan Akrab      Ivanka
Di SLANK Sebagai     Bass Guitar, Backing vokal, Penulis lagu. perkusi
Tempat Kelahiran     Jakarta
Tanggal lahir        9 December 1971
Agama                Islam
Tinggi Badan         170 cm
Berat Badan          55 kg
Musisi Idola         Rolling Stones, Beatles, Jimi Hendrix
Nama Istri           Putri Dewi Arianti Ivanka
Nama Anak            Jilli Sabriya Ivanka, Saladin Prakasa
Hobi                 Main Games 

NOMOR SATU MUSIK, NOMOR DUA PACARAN

Sejak kecil Ivanka, emang doyan musik. Kelas dua SMP udah mulai ngeband."Abis, informsi yang gue terima dari koran dan majalah, jadi anak band asyik," kata cowok kelahiran Jakarta 9 Desember 1971 itu. Tapi Ivan pantang menyerah, keinginan terjun ke dunia musik malah menggebu-gebu waktu tetangganya membeli perlatan musik, ditaro diterasnya pula. Siriklah dia. Semula dia sering kena damprat bokap kalo kepergok lagi latihan. Lama-kelamaan, bokapnya sendiri yang ngajarin main gitar. "Orang pertama yang ngajarin kenal instrumen, ya bokap gue," kata cowok yang pernah ikutan Festival Rock Sejawa Bali,1988 ini. Maklum acara ngeband waktu itu lagi ngetrend. Ivan jelas nggak mau ketinggalan.

Karena terasa keasyikan, sekolahnya di SMU 17 Agustus , Jakarta nyaris berantakan. La bayangin aja, waktu pelajaran berlangsung dia malah asyik nulis lirik lagu di bangku belakang. Kelakuan serupa juga berlanjut saat Ivan kuliah di Sekolah Tinggi Transportasi (STMT) Trisakti, akibatnya ia Cuma mampu bertahan sampai semester V. Toh dia nggak menyesal di DO dari sana. "Kalo dipikir gue malah lebih berarti setelah nekad terjun ke dunia musik. Banyak banget yang gue dapat," alasannya enteng. Sebelum nyasar ke Slank, Ivan sempat gabung sama Abdee di grup Flash. Nggak lama kemudian pindah ke House of The Rising Sun band beraliran rock & roll itu sering banget main di Poltot. Sejak itulah, Ivan akrab dengan Bimbim dan kawan-kawan. Malah tahun 1993, ia diajak rekaman untuk album pertama Imanez Anak Pantai.

Tahun 1997, Ivan ditawarin bergabung dengan Slank. Hatinya sempat bimbang karena waktu itu lagi akrab sama Bongky. Untunglah mantan pemain bass itu justru memberinya dorongan. "Gue bersyukur, banyak banget yang gue dapat begitu bergabung dengan Slank," katanya mantap. Keseharian Ivan boleh dibilang dihabiskan dengan nongkrong di Potlot. Kalo nggak latihan, nemenin Slanker, ato nyobain nulis lirik lagu. "selain itu ya pacaran," katanya semabri tertawa. Sebagai pemusik baru, otaknya sarat oleh gagasan. Bareng Slank, misalnya, dia pingin munculin musik etnik. "Lagu akan kedengaran lebih enak didengar."

Dibanding dulu, Ivan sekarang cenderung peka sama lingkungan. Dia mulai sering ikut mikirin keadaan negeri yang makin nggak karuan, padahal dulunya cuek bebek. Kok sekarang berubah ? "Mungkin karena gue dekat dengan orang-orang yang kritis dan mau berpikir." Tak jarang Ivan berdiskusi dengan Slank, juga dengan teman-teman dirumahnya. Kalo baca koran, nonton TV bukan Cuma melahap informasi musik. Hasilnya antara lain bisa disimak lewat lagu ciptaanya pada album Matahati Reformasi, yaitu Naluri Binatang. Kayaknya Ivan emang berniat terjun total di musik. Dia siap mempertaruhkans segalanya. "Gue akan merasakan kepuasan kalo gue bisa menghibur penonton. Sangat asyik tu. Orang seneng karena terhibur, apalagi sampai histeris segala. Nggak bisa ditebus dengan uang berapapun, soalnya itu merupakan kenikmatan tersendiri," paparnya bangga.

Dia juga berhasil meyakinkan ortunya bahwa keterlibatannya dimusik nggak seburuk yang mereka sangka. "Dulu gue sempat dilarang main band, karena anak band itukan identic dengan obat-obatan dan minuman keras. Padahal nggak semuanya begitu. Nah tugas berat gue yaitu nunjukin ke mereka bahwa gue nggak seperti yang mereka kira." Kini Ivan boleh dibilang sukses, meski mengaku belum berani "mempengaruhi" adik lelakinya untuk ngikutin jejak dia. "Soalnya dia udah telat, anak seusia dia kan mustinya udah jago main band." (Hai Klip slank Okt. 98)

#SlankFact Ivanka:

    - Gabung di SLANK Sejak 1997.
    - Belajar gitar dari bokapnya sendiri
    - Punya cita - cita jadi dokter, tapi nilai untuk pelajaran biologi malah jeblok.
    - Kuliah di Sekolah Tinggi Transportasi (STMT) Trisakti tapi semester V berhenti
    - Ngeband bareng Abdee (Flash Band)
    - Ngeband di House of The Rising Sun Band
    - Ngeband bareng Imanez (Otto Jam)
    - Musisi Pendukung beberapa penyanyi solo, seperti Syaharani and the Quen Fireworks.
    - Musisi pendukung Syaharani and the QueenFireworks
    - Mendirikan Green Record (Label Musik) dan Tabloid Otomotif.
    - Memproduseri album 'Republik Uye' milik Cozy Republic, Mikey Maulana, dan beberapa band Indie lainnya.
    - Punya jabatan sebagai Staff Marketing di Klinik kesehatan Kramat 33 Healt Care (Punya sang Mertua)
    - Tahun ini Ivanka berniat untuk Manasik Haji.

0 Response to "IVANKA SLANK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel